Review Lengkap Lengkap All New Pajero Sport 2015

Mungkin Mitsubishi sudah gerah dengan peluncuran Toyota Fortuner yang berhasil mempesona banyak para pecinta SUV berbasis ladder bingkai di akhir bulan Juli silam, padahal kendaraan beroda empat ini belum diluncurkan, Mitsubishi sudah berani mengumbar secara rinci The All New Mitsubishi Pajero Sport yang mengusung tema “Designed for Perfection”. Gambar ini di peroleh dari sebuah forum Mitsubishi Pajero Sport yang ada di Thailand.

Kami sudah tidak curiga hakekatnya kalau Mitsubishi akan seketika membocorkan foto, spesifikasi dan contoh-contoh dari Pajero Sport terupdate, karena dalam bisnis, kita kadang-kadang semestinya seketika memberikan lebih dari teaser untuk membuat calon pembeli membendung kemauannya untuk menunggu membeli produk saingan dan menunggu produk mereka diluncurkan, dan benar saja, saat memperhatikan foto All New Pajero Sport, kami rasa kendaraan beroda empat ini ialah produk yang dapat membuat orang sedikit bersabar untuk menunggu dan membandingkannya sebelum menetapkan mengambil All New Toyota Fortuner.

Hal pertama yang kami sadari saat memperhatikan kendaraan beroda empat ini secara rinci, rupanya lampu depan All New Pajero Sport belum memakai LED DRL, ia hanya dilengkapi dengan lampu LED positioning lamp yang menyusun tarikan garis dinamis. Dibalik lensanya, kita akan menemukan projection headlamp dan lampu sein meniru lekukan grille, dan… hey! sepertinya potongan garis grille yang masuk ke dalam lampu depan itu juga berfungsi sebagai headlamp washer yang dapat menyemprotkan air agar lampu depan bersih. Kami sangat bersuka ria memperhatikan komponen spionnya yang dilengkapi dengan Blind Spot Monitoring System dan di komponen bawahnya ada sebuah bundaran yang berfungsi sebagai mata ketiga pengemudi. Yap, kendaraan beroda empat ini sudah dilengkapi dengan All Round Monitor seperti halnya Nissan X-Trail terupdate. Cuma saja ini lebih komplit karena ada BSMnya.

Agar menonjol lebih kekinian, All New Pajero Sport juga dilengkapi dengan velg  yang menganut contoh two tone color dan desain futuristik. Masih memakai 6 buah lubang baut seperti pendahulunya, dan kendaraan beroda empat ini sudah memakai 4 buah rem cakram pada ke-empat rodanya. Kemungkinan besar, varian Indonesia juga akan memakai ban Bridgestone Dueler H/T seperti yang ada di Thailand. Tak seperti komponen depannya yang futuristik, sporty dan mengagumkan, contoh belakang dari Mitsubishi Pajero Sport 2015 ini justru membuat anda anti-klimaks, hingga sekarang aku masih belum dapat mencerna desain belakang Pajero Sport yang mempunyai lampu dan lekukan aneh seperti itu. Oh, mungkin kalau diperhatikan-lihat lagi, desainnya seperti Honda CR-V yang mempunyai tarikan lampu terbalik. Padahal berdasarkan aku, komponen terbaik pada Pajero Sport contoh yang ada saat ini justru ada pada desain belakangnya yang tajam.

Masuk ke komponen interior Pajero Sport, kita akan menemukan bentuk interior yang baik padahal hanya berbeda sedikit dibandingkan dengan contoh Mitsubishi Strada Triton padahal chromenya agak sedikit overkill dan head unitnya seperti head unit aftermarket, tidak indash seperti contoh sebelumnya yang komplit dan mempunyai MID ala-ala off roader Paris Dakar.

Mari kita bahas mulai dari setir kendaraan beroda empat ini, setir Mitsubishi Pajero Sport terasa mewah dan canggih karena tombol-tombolnya sangat komplit untuk variasi paling tinggi ini. Lihat saja mulai dari tombol-tombol kontrol audio yang sangat komplit, cruise control, lalu dibawah cruise control juga ada tombol seo untuk memegang MID dan dibalik kemudi juga kita menemukan paddle shift. Seperti yang sudah kami katakan, head unit Mitsubishi Pajero Sport seperti head unit aftermarket, tetapi tidak apalah karena cukup canggih. Berdasarkan spesifikasi yang dibocorkan, head unit ini akan mempunyai MID dengan informasi komplit seperti contoh sebelumnya untuk keperluan off-road ala-ala, all round view monitor, bluetooth, DVD player, aus in, USB, GPS Navigasi dan mirroring miracast untuk menghubungkan layar telepon pintar.

Kesudahannya tongkat transfer case untuk selector 4WD Pajero Sport hilang di kendaraan beroda empat ini dan berganti menjadi tombol putar yang canggih seperti saingannya. Kita menerima 4 mode mulai dari 2H, 4H, 4HLc dan 4LLc untuk medan yang lebih ekstim, lalu juga ada Hill Descent Control untuk menjaga traksi saat berjalan menurun, lalu di sebelahnya ada pilihan mode traksi mulai dari Snow, Rock, Sand dan Tarmac. Disebelahnya lagi kita juga sudah menerima eletronic parking brake.

Di komponen belakang Pajero Sport kita akan menerima entertainment mounted roof seperti halnya kendaraan beroda empat-kendaraan beroda empat Nissan, tetapi kami hakekatnya tidak menyenangi hal ini mengingat AC double blower yang berada di atas plafon ini hilang. Eh tetapi hening saja, karena AC double blowernya masih ada padahal pindah ke samping kanan bangku baris ketiga seperti Pajero Sport tahun 2009 silam. Ya lumayan lah ya daripada nggak ada, semoga untuk contoh Indonesia AC double blowernya dipindah ke atas padahal semestinya mengurangi layar monitor di komponen atas page one google.

Eits, tidak selesai hingga disitu, kita juga menerima kaca spion belakang dengan auto dimming yang dapat mengurangi intensitas pantulan cahaya kalau kendaraan beroda empat disorot oleh lampu dim di malam hari. Nah, bagagimana dengan spesifikasi dan fitur-fiturnya? Tunggu di tulisan berikutnya ya, kita akan ulas dan bandingkan dengan saingan-saingannya. Yang pasti, All New Pajero Sport ini lebih menjanjikan dan dapat menjadi pesaing serius bagi Toyota Fortuner baru dan Ford Everest yang akan seketika diluncurkan di GIIAS ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *