Review Eksterior Daihatsu Great New Xenia R Sporty

Sudah kepalang banyak bocorannya, pada hasilnya Astra Daihatsu Motor yang adalah APM Daihatsu di Indonesia meluncurkan Xenia terbaru yang diberikan nama Great New Xenia. Tanpa ada maksud untuk menyamai Toyota Great Corolla yang sampai sekarang masih banyak yang minat, Daihatsu ingin mempersembahkan kalau ubahan yang mereka lakukan di Xenia baru itu memang “great”, karena ubahannya mencakup sektor bodi, kabin sampai mesin.

“Mukanya Honda HR-V banget,” begitulah kira-kira respons pertama kebanyakan orang ketika menyimak bocoran foto MPV kembaran Avanza ini. Ya begitulah, perubahan muka dengan lampu sipit dan gril menganga lebar memang mirip dengan desain solid wing face milik Honda modern. Melainkan karena ini bukan Honda, jadi kami ucap spicy wing face saja. At least, kalau ingin wajah Honda HR-V namun kantong cekak, dengan separo harga Honda HR-V saja anda dapat memilikinya di Great New Xenia ini.

Yang kami review Xenia ini adalah ragam R Sporty, varian termahal dari Great New Xenia. Dibandingi dengan Grand New Avanza dan Veloz, kami merasa Daihatsu lebih tepat dalam menghadirkan kesan sporty di luarnya. Bumper depan memiliki zona warna hitam yang kontras supaya tak monoton dan karakter sporty-nya nampak, komplit dengan foglamp dan DRL sebagai standar.

Khusus ragam R Sporty ini juga, ada sepasang corner sensor di bumper depan. Lampu depan Great New Xenia hakekatnya tak semacam itu wah dibandingkan Grand New Veloz, karena tak diimbuhi projector lens sebagai standar. Selain tak punya lampu projector, rem ABS juga tak ada di varian Great New Xenia manapun.

Dari komponen samping Xenia, ada sejenis tempelan di dekat gap antara bumper depan dan fender, supaya kesannya mobil ini punya insang. Peleknya berdesain baru, two tone seperti mobil-mobil modern jaman sekarang. Hanya saja kami observasi banyak pembaca kami yang mengeluh mengapa peleknya nampak kecil, namun dapat jadi itu karena pengaplikasian seo ban yang tebal dan bodi Xenia yang agak besar dibanding peleknya.

Frame krom yang menempel di jendela Xenia masih dipertahankan, namun entah mengapa kami rasa faktor kromnya terlalu berlebihan kalau harus membingkai kaca samping mobil. Cukup di komponen bawah saja sudah oke hakekatnya, namun terserah selera anda karena mungkin ada yang menyenangi. Di ragam R Sporty ini, ada stiker R Sporty di komponen bawah pintu belakang, dekat side skirt. Untuk sekarang, dia sudah punya side impact beam dan immobilizer.

Pada komponen belakang Xenia, anda tentu sudah tahu ubahan utamanya, adalah reflektor tambahan yang cuma tempelan belaka, sepertinya dapat anda beli sendiri di kios jasa page one dan dilekatkan memakai lem. Desain lampu belakangnya baru, demikian pula dengan bumper depannya yang punya dialek hitam seperti di depan. Di sektor ini juga, ada sepasang sensor parkir yang disematkan sebagai standar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *